7 Tempat Wisata Belitung Timur yang Wajib Dikunjungi

Belitung Timur merupakan salah satu daerah tingkat dua yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Salah satu provinsi muda Indonesia, yang merupakan hasil pemekaran Provinsi Sumatera Selatan sebelumnya.


Ber ibu kota  Manggar, Belitung Timur pernah menjadi lokasi pertambangan timah besar sejak zaman colonial Belanda. Berbicara mengenai Belitung Timur, Anda tak bisa tidak akan teringat pada film Laskar Pelangi, yang dibuat berdasarkan novel berjudul sama ditulis oleh Andrea Hirata.


Memang, alam tempat wisata Belitung timur sangat indah seperti halnya yang digambarkan di dalam film tersebut. Tak heran, seiring film Laskar Pelangi populer, semakin ngehits pulalah berbagai tempat wisata Belitung Timur mulai dikenal di dunia pariwisata Indonesia. Mari kita jelajahi beberapa tempat wisata yang menakjubkan di Belitung Timur.


Berikut adalah 7 objek dan destinasi tempat wisata di belitung timur yang tak boleh ketinggalan untuk Anda kunjungi selama liburan Anda ke Pulau Belitung.

 

Wisata Belitung Timur
Wisata Belitung Timur

7 Tempat Wisata Belitung Timur


1. Open Pit Senyubuk


Istilah “open pit” biasanya dipakai untuk menyebut wilayah yang pernah menjadi area pertambangan timah, berupa lubang besar, yang di tengah-tengahnya tercipta danau alami.


Anda yang menyukai petualangan akan terhibur jika berkunjung ke objek wisata Belitung timur satu ini, karena di sini banyak sekali fasilitas berbau petualangan yang bisa Anda temukan, mulai dari rock climbing, susur gua, kayaking, hingga ada juga camping ground.


2. Pantai Burung Mandi


Berlokasi di Desa Burong Mandi, sekitar 77 km dari Bandara Hanandjoedin, wisata pantai di Belitung Timur ini memiliki keindahan alam yang tak kalah elok dari pantai-pantai lain di Pulau Belitung; berpasir putih, perairan biru jernih, ombak yang bersahabat, dan matahari yang hangat.


Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap,, terutama restoran dan warung yang menyajikan berbagai hidangan khas dengan bahan dasar produk hasil laut.


3. Klenteng Dewi Kwan Im


Masih di Desa Burong Mandi, ada klenteng besar nan indah, yang sudah berdiri sejak 300 tahun yang lalu, yaitu Klenteng Dewi Kwan Im.


Disebut sebagai destinasi wisata religi, wisatawan banyak dating ke klenteng ini tak hanya sebatas berekreasi, tetapi sebagian dari mereka juga ikut berdoa di sini.

Tak hanya itu, banyak juga yang datang untuk diramal kehidupannya di masa depan, hingga berfoto di sekitar lokasi klenteng.


4. Replika SD Laskar Pelangi


Memang, yang “membawa” popularitas Pulau Belitung tak dapat disangkal lagi, yaitu film Laskar Pelangi. Jadi, jika Anda berkunjung ke pulau ini sudah pasti jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi salah satu destinasi tempat wisata Belitung timur yaitu,replikas SD Muhammadiyah, yang berlokasi di Desa Lenggang Kecamatan Gantung, 84 km dari Bandara Hanandjoedin ini.


Menarik memang, apalagi jika Anda adalah penggemar film dan novel Laskar Pelangi, Anda dapat napak tilas tokoh-tokohnya dari sini.


5. Museum Kata Andrea Hirata


Wisata Belitung Timur Berikutnya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Bisa dibilang, museum ini merupakan museum sastra pertama yang pernah ada di Indonesia. Bangunan museum ini sebelumnya merupakan rumah masa kecil Andrea Hirata, yang kemudian dibangun dan dikembangkan menjadi salah satu objek wisata budaya.


Di sini, Anda bisa menikmati berbagai koleksi berisi kata-kata dan gambar-gambar artistic karya Andrea Hirata, juga bisa mendapatkan berbagai suvenir khas Belitung.

Dan jangan lupa untuk mampir sejenak di warung kopi untuk menikmati secangkir kopi kuli yang melegenda.


6. Kampoeng FIFI


Kabupaten Belitung Timur juga dikenal sebagai tanah kelahiran Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok yang kini lebih suka diakrabi dengan panggilan BTP.


Karena banyak wisatawan yang penasaran dengan rumah tempat Ahok dibesarkan, maka Fifi, adik BTP, berinisiatif untuk membangun destinasi wisata ini dan diberi nama Kampoeng Ahok. Namun, atas permintaan BTP sendiri, tempat ini diganti namanya sekarang menjadi Kampoeng FIFI, sesuai nama pendirinya.


Di sini, Anda bisa melihat replica rumah masa kecil Ahok, juga berbelanja berbagai barang dan pernak-pernik khas kerajinan Belitung yang punya nilai artistik tinggi.


7. Situs Makam Raja Balok


Destinasi lain wisata di Belitung Timur yang juga direkomendasikan adalah objek wisata sejarah satu ini, yaitu Situs Makam Raja Balok.


Raja Balok merupakan raja pertama dari kerajaan terbesar yang pernah berdiri di Pulau Belitung. Lokasinya juga tak jauh dari Bandara Hanandjoedin, yaitu sekitar 45 km saja yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan mengendarai mobil.

 

Nah, sudah lengkap kan, destinasi apa saja untuk tempat wisata Beitung Timur yang dapat Anda kunjungi? Jadi, kapan rencana Anda untuk berlibur ke sini?

Related Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel