Pulau Kelayang dan 5 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan di Sini

Pulau Kelayang merupakan bagian dari Pulau Belitung, yang berlokasi di Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini tak kalah indah dari Pulau Belitung itu sendiri. Bahkan pulau ini selalu masuk ke dalam itinerary traveler yang datang ke Pulau Belitung.


Memang, jika Anda liburan ke Belitung, “menu” wisata Anda pasti tak hanya akan berhenti di pulau tersebut saja. Namun, Anda wajib juga mengeksplorasi pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya.Termasuk Pulau Kelayang ini.

Pulau Kelayang
Pulau Kelayang


Memangnya, apa yang bisa kita lakukan di pulau kecil ini? Wah, banyak sekali. Jangan dikira, karena ukurannya kecil, lantas kita hanya bisa menikmati keindahan pantai saja. Pulau Kelayang menyimpan banyak hal yang menakjubkan loh! Yuk, disimak sampai selesai.


5 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan di Pulau Kelayang


Menjelajah gua tersembunyi


Di tengah Pulau Kelayang yang dikelilingi laut dan pantai yang indah, terdapat area dengan pepohonan yang cukup lebat. Jika Anda memasukinya, Anda akan merasa seperti masuk ke hutan. Alih-alih menyeramkan, hutan ini justru indah dan menyejukkan.


Jika Anda mengeksplorasi lebih jauh, menembus hutan kecil tersebut dan akhirnya sampai ke area dengan dominasi batu-batu granit berbagai ukuran, Anda akan menemukan gua yang terbentuk secara alami dari bebatuan. Gua ini ternyata juga merupakan bagian dari pantainya.


Pemandangan di gua ini luar biasa. Di dalamnya Anda akan juga menemukan pasir pantai yang putih disini. Dan hal yang paling menakjubkan adalah di dalamnya juga ada telaga.


Mengeksplorasi telaga


Di dalam gua di Pulau Kelayang ini, Anda akan menemukan cekungan yang secara alami terbentuk oleh susunan bebatuan granit yang juga membentuk gua. Saat pasang, air laut akan masuk ke dalam cekungan ini, hingga terjadilah telaga kecil alami.


Keindahannya ditambah dengan adanya efek warna-warni dari cahaya matahari yang masuk ke dalam celah-celah bebatuan penyusun gua yang memantul ke arah air.


Memang benar-benar indah. Tak heran banyak wisatawan betah berlama-lama mengeksplorasi gua dan telaga ini untuk sekadar mendapatkan foto yang memorable dan instagramable.


Kayaking


Di pantainya, banyak hal yang juga bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah kayaking.


Arus air lautnya yang tak terlalu besar, air yang jernih, udara bersih, dan cuaca cerah, memang cocok dinikmati sembari berkayak. Anda bisa mengeksplorasi setiap gugusan batu granit yang menghiasi sepanjang pantai dari atas kayak yang bisa Anda sewa.


Menikmati sunrise dan sunset


Tak hanya cukup sehari memang untuk mengeksplorasi Pulau Kelayang yang kecil ini sampai habis. Jika perlu, Anda bisa kemping di sini juga loh! Bawalah alat kemping sendiri, dan juga perbekalan yang diperlukan lalu menginaplah barang semalam di pantainya.


Anda akan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) dan terbit (sunrise) sekaligus yang tak akan terlupakan.


Namun ingat ya, jangan meninggalkan sampah di sini. Setelah kemping, bersihkanlah area kemping Anda, agar keindahan alam Pulau Kelayang tetap terjaga.


Berenang dan snorkeling


Aktivitas selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan di Pulau Kelayang, seperti juga di pulau-pulau lainnya di Belitung, adalah berenang dan snorkeling.


Ya, aktivitas ini jangan sampai terlewatkan. Nikmatilah air laut sejuk, bersih, dan jernih semaksimal mungkin. Pun eksplorasi biota bawah airnya yang begitu cantik. Anda dapat membawa peralatan snorkeling Anda sendiri, ataupun menyewa pada penduduk yang menyediakannya di sini.


Nah, bagaimana? Sudah tak sabar ya, mengunjungi Pulau Kelayang? Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan selama Anda berwisata ya.

Related Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel