Pulau Batu Berlayar: Pulau Eksotik yang Wajib Anda Kunjungi di Belitung

Berbicara mengenai Pulau Belitung, pasti Anda akan langsung membayangkan keindahan alamnya yang luar biasa, ya kan? Memang tak salah sih, selain deretan pantainya yang sangat indah dan bersih. Selain didominasi oleh bebatuan karang menjulang, pulau-pulaunya juga menjadi daya tarik tersendiri dengan bebatuan khasnya Salah satu contohnya adalah Pulau Batu Berlayar.


Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di Belitung. Tak heran, dari waktu ke waktu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Maka, jika Anda memasukkan destinasi wisata pulau satu ini ke dalam itinerary Anda, maka Anda sama sekali tidak salah pilih.

Pulau Batu Berlayar
Pulau Batu Berlayar Belitung


Untuk lebih detailnya, tentang apa saja yang akan bisa Anda nikmati dan juga apa yang bisa Anda lakukan di Pulau Batu Berlayar, yuk, simak artikel ini sampai selesai.


Pemandangan Pulau Batu Berlayar Belitung


Jika Anda berdiri di bibir Pantai Tanjung Kelayang, Anda akan dapat melihat Pulau Batu Berlayar ini di kejauhan. Memang demikianlah adanya, karena memang lokasinya dekat sekali dengan Pantai Tanjung Kelayang. Anda bisa mencapainya dengan menggunakan perahu nelayan dan untuk menempuh pulau tersebut di butuhkan perjalanan selama 15 menit.


Pulau ini bukan pulau yang besar, dengan bagian tengah yang terdiri atas beberapa buah batu granit besar tersusun rapi. Kalau dari udara, terlihat bebatuan granit ini seperti gigi hiu atau layar-layar di kapal. Oleh sebab itu, pulau ini disebut dengan Pulau Batu Berlayar. Batu yang terbesar tingginya mencapai 10 meter.


Air di sekitar Pulau Batu Berlayar sangat jernih dan merupakan perairan laut dangkal, sehingga ombak pun tidak besar. Dipadu dengan langit biru bersih sebagai latar belakang, menjadikan pasir putih yang membatasi darat dan laut menjadi lebih kontras. Pasir putih ini muncul kala air laut sedang surut.


Momen yang paling tepat bagi Anda untuk mengunjungi Pulau Batu Berlayar ini memang saat air laut sedang surut.


Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Batu Berlayar


Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Batu Berlayar ini, setibanya Anda di sana.


Mengeksplorasi Batu Granit


Batu-batu granit yang ada di Pulau Batu Berlayar ini memang luar biasa. Saat air sedang pasang, batu-batu granit ini tampak seperti layar, dengan ditopang oleh pulau berpasir putih. Sedangkan saat surut, bebatuan yang mencuat di sana-sini tampak seperti mutu manikam di tengah pasir putih.


Karena itu, tak jarang wisatawan memanfaatkannya sebagai latar fotografi. Tak hanya selfie, banyak yang memang pehobi fotografi khusus datang ke pulau ini untuk memperdalam ilmu memotret pemandangan alam. Tak perlu usaha terlalu keras, hasil foto pasti akan indah karena kondisinya memang sudah sangat luar biasa.

Baca Juga


Berjemur di pantai


Pantai pasir putih Pulau Batu Berlayar sangat putih dan bersih. Anda bisa berjalan-jalan santai, membuat istana pasir, atau sekadar berjemur di sini. Ombaknya sangat lembut, dengan air yang jernih dan dasar laut yang tak dalam, membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah anak.


Hanya saja, Anda harus waspada akan keberadaan bulu babi. Tusukan durinya bisa melukai, sehingga sebaiknya pakai alas kaki yang layak, dan segera menjauh jika tampak ada bulu babi di sekitar tempat Anda bermain.


Snorkeling


Anda juga bisa melakukan snorkeling di Pulau Batu Berlayar ini. Bawah air laut pulau ini merupakan tempat tinggal berbagai biota laut yang sangat indah. Mulai dari ikan hingga terumbu karang.


Bagi pemula, Anda tak perlu khawatir. Ada pemandu atau instruktur snorkeling yang bisa Anda sewa jasanya. Jangan lupa untuk memastikan Anda memakai peralatan keselamatan yang lengkap ya.


Island hopping


Jika Anda pergi ke Pulau Batu Berlayar dengan menggunakan kapal nelayan dari Pantai Tanjung Kelayang, biasanya Anda akan ditawari untuk sekalian mengunjungi pulau lainnya yang juga tak jauh letaknya. Ada Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, dan Pulau Babi yang keindahannya tak kalah dari Pulau Batu Berlayar.


Nah, itu dia beberapa informasi gambaran keindahan Pulau Batu Berlayar yang membuat penasaran banyak wisatawan. Ingin berkunjung ke sini? Jangan lupa untuk memasukkan dalam itinerary Anda ya.


Selamat liburan!

Related Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel