Pulau Burung Belitung sebagai Destinasi Wisata Terpopuler

Pulau Burung Belitung, atau yang biasa disebut juga dengan Pulau Burong, adalah sebuah pulau yang termasuk ke dalam wilayah desa nelayan Tanjung Binga, Belitung. Desa ini masih merupakan bagian dari Kecamatan Sijuk yang berlokasi di Kabupaten Belitung Barat. Anda bisa mencapai pulau Burung ini dengan naik perahu motor dari pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Burung Belitung
Pulau Burung Belitung


Pulau Burung merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Belitung, dan menjadi andalan pemerintah setempat. Meski demikian, di hari-hari biasa, pulau ini cukup sepi dari pengunjung, sehingga akan cocok bagi Anda yang suka berwisata demi menenangkan diri dari kebisingan kota.

Berikut adalah beberapa hal yang menarik dan unik yang bisa Anda nikmati dalam kunjungan Anda ke Pulau Burung.

 

4 Wisata Pulau Burung Belitung Menarik yang Bisa Anda Jumpai


1. Punya pantai yang indah dan tenang


Meski populer, tetapi pantai di Pulau Burung cenderung tenang yang bisa membuat Anda betah berlama-lama. Luas pulau ini hanya sekitar 2 hektar saja, dengan didominasi pemandangan khas keindahan alam yang luar biasa Dari salah satu Pulau di Belitung ini. Memiliki pasir putih dan susunan bebatuan granit yang mencuat di sana-sini. Menjadikan Pulau Burung Belitung sebagai destinasi wisata terpopuler.


Putihnya pasir, birunya langit yang sedang cerah, dan dengan pemandangan laut yang indah yakni berwarna turquoise dengan buih-buihnya akan menjadi kombinasi pemandangan nan menawan di dalam foto. Karenanya, banyak wisatawan berkunjung dan menghabiskan waktu di sini demi berswafoto.


Anda juga akan puas bermain pasir di sini, membuat istana pasir atau sekadar berbaring dan berjemur di atasnya. Pastikan Anda membawa semua peralatan yang Anda perlukan ya, dan jangan lupa mengenakan tabir surya!


Jika ingin berteduh, ada bagian pantai dengan beberapa pohon ketapang yang cukup rindang.

 

2. Perairan yang jernih


Air yang sangat jernih menjadi daya tarik terbesar pantai-pantai dan perairan Pulau Burung Belitung, tak ketinggalan juga aktifitas seperti melakukan Snorkeling di Pulau Burung Belitung ini bisa anda lakukan.


Pantai pasir putih Pulau Burung dikelilingi oleh perairan yang sangat jernih dan dangkal, Keanekaragaman Hayati Pulau Burung Belitung sangat beragam. Ombaknya tidak besar, sehingga anak-anak pun akan aman bermain di sepanjang pantainya. 


Anda bisa berenang dengan nyaman, snorkeling, bahkan Anda juga bisa melanjutkan aktivitas menikmati pemandangan bawah lautnya dengan menyelam. Anda akan dapat menyaksikan kawanan ikan badut yang menjadi tokoh utama dalam film Nemo di sini sungguh memiliki keberagaman ekosistem yang luar biasa saat anda menjumpai destinasi wisata ke Pulau Burung ini.

 

3. Bebatuan granit dengan susunan unik


Di salah satu bagian pulau ini, terdapat susunan batuan granit yang unik dan menjadi ikon di destinasi wisata satu ini. Susunan batu yang tingginya kira-kira sama dengan bangunan 3 lantai ini. Kalau dilihat-lihat, mirip bentuk Kepala burung yang sedang mengerami telur dalam sangkarnya. Di bagian atas susunannya, Anda bisa melihat bentuk batu granit yang mirip sekali dengan kepala burung.


Karena itulah, pulau satu ini dinamai Pulau Burung. Selanjutnya, nama “Pulau Burung” sendiri juga membuat banyak wisatawan semakin penasaran dan ingin berkunjung ke Pulau Burung Belitung dengan melihat keunikan kepulauan yang luar biasa.

 

4. Telaga air laut


Dalam susunan batuan granit tersebut, ada bagian cekungan yang terisi air ketika laut sedang pasang. Jika air laut surut, maka bagian tersebut pun menjadi sebuah telaga yang indah.


Lokasi ini bisa Anda capai dengan berjalan kaki. Berhati-hatilah saat sedang menjelajah area ini karena banyak sekali bebatuan dengan sudut yang tajam. Jika Anda lengah, tak tertutup kemungkinan kaki Anda bisa terluka karenanya.

Baca : Pulau Kelayang dan 5 Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan

Memang cukup menantang perjalanan untuk mencapai telaga ini, tetapi begitu Anda sampai di lokasinya, segala kelelahan akan terbayar karena Anda akan disambut dengan pemandangan yang luar biasa.

Pulau Burung


Pulau ini juga berlokasi tak jauh dari kota Tanjung Pandan, yang memiliki fasilitas penginapan yang cukup nyaman dan memadai.

Dijamin, Anda akan betah, dan jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan pemandangan keberagaman ekosistem di laut area Pulau. Apalagi saat datangnya matahari terbenam di sore hari.

 

Pulau Burung ini biasanya selalu ada dalam daftar paket wisata ke Pulau Belitung, dan selalu menjadi salah satu agenda dalam island hopping yang sering ditawarkan. Jadi jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda dapat menghubungi salah satu agen Tour Wisata Belitung ini.


Selamat liburan!

Related Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel